Informasi Soto Bogor, Makanan Favorit Berkuah Plus Daging

by

Siapa yang tidak kenal soto Bogor? Makanan khas kabupaten Bogor Jawa Barat ini sudah menjadi makanan yang sangat terkenal. Jika berkunjung ke kota hujan tersebut, banyak tempat untuk menikmati kelezatan soto Bogor atau soto kuning yang ada di Bogor. Walaupun hanya beratapkan terpal atau duduk di pinggir jalan, rasanya tetap ‘raos’ (enak) dan membuat lidah bergoyang.
Kota Bogor ternyata bukan hanya dikenal dengan Kebun Raya atau puncaknya saja tetapi kini Bogor juga dikenal sebagai kota yang kaya jajanan kuliner. Bukan hanya di siang hari, di malam hari pun beragam jajanan mulai dari kaki lima hingga restoran menawarkan beragam makanan yang sangat variatif. Mulai dari asinan, taoge goreng, roti unyil, soto Bogor, hingga restoran khas Sunda yang tersohor enak.
Sebenarnya soto banyak dijumpai di Jakarta tetapi jika berkunjung ke kota hujan ini, rasanya kurang puas jika tidak mencicipi soto Bogor. Hampir di tiap deretan pedagang kaki lima di sepanjang jalan terutama di jalan Pajajaran banyak yang menjajakan soto Bogor.
Uniknya para pembeli dapat memilih sendiri isi soto tersebut seperti paru, babat, lidah, dan jeroan yang juga berwarna kuning karena direbus dengan kuah yang sama. Warna kuning soto itu sendiri sebenarnya berasal dari kunyit dan kentalnya berasal dari santan. Daging dan jeroan lalu dipotong-potong, ditaruh dalam mangkuk dan diberi daun seledri, bawang goreng dan disiram kuah kuning yang mengepul panas. ‘’Aroma gurih santan dan rempah langsung menusuk hidung. Sekali meghirup kuah soto Bogor yang gurih dan segar, bikin perut lapar,’’ kata Iwan seorang pembeli yang doyan soto Bogor ini.
Soto Bogor memang mirip seperti soto Betawi, isi sotonya bisa jeroan, bisa daging sapi, bisa dipilih sendiri potongan dagingnya yang kemudian akan dibumbui kecap, merica, daun bawang dan kemudian disiram kuah kuning terbuat dari santan yang telah diberi kaldu, dan dimakan sama nasi, sambal cabai hijau, dan emping. Anehnya, setiap hari soto Bogor yang dijual di sepanjang jalan selalu ludes dibeli konsumen, meski lokasinya cuma di emper-emper jalan. (Koran Pak Oles, Bapak Agus Salam, tenjolaya.wordpress.com)

Berikut saya cantumkan Tempat Soto Bogor Mangkal:

  1. Soto Pak Salam Buka mulai dari jam 5 sore; karena saking ramenya biasanya sekitar jam 7 atau 7:30 malam sudah habis. Lokasi: Jl. Siliwangi, tidak jauh dari GG. Aut setelah Jl. Suryakencana, patokannya di sebesar Bank Mandiri – dekat Dunkin’ Donuts.
  2. Soto Pak Dayat Buka mulai jam 5 sore sampai jam 9 malam. Lokasi: tepat diperempatan GG. Aut – antara Jl. Siliwangi dan Jl. Suryakencana, patokannya diseberang AlfaMart. Disini tersedia juga Soto dengan kuah bening dengan campuran lobak dan nasi uduk. Mantap dech!!
  3. Soto Pak Yusuf Buka mulai dari jam 4 sore sampai dengan jam 8 malam. Lokasi Jl. Suryakencana, patokannya di depan Toko Favorite, tidak jauh dari BCA Suryakencana. 4. Soto Pak Bongkok Buka Jam 8 pagi sampai dengan jam 11 siang. Lokasi Jl. Suryakencana, patokannya di depan Toko Favorite, tidak jauh dari BCA Suryakencana.
  4. Soto Bogor Haji Didih, Jl. Raya Bantar Kemang Ke arah SKI (Tas Tajur), kira-kira 40 meter dari pertigaan bantar kemang. Daging dan jeroan bisa kita pilih antara yang digoreng, dan dibumbu kuning. Bagi yang suka gaya tradisional, bisa pilih yang kuning, kalo yang pada suka yang garing-garing, bisa pilih yang goreng. Apalagi resepnya turun temurun, SEJAK 1978.
  5. Warung SOTO BOGOR ibu Yanti, Jl. Papandaian depan kantor dinas,di samping gedung telkom padjajaran Bogor. Ada sop iga, pepes-pepes,nasi rames, dan masakan-masakan khas lainnya. Minuman ada es jeruk, teh poci, softdrink, kopi, dll.

Info Tambahan dari ayojajan.com

Untuk pagi/siang:

  • Soto Pak Bongkok; lokasi di depan Toko Favorite Jl. Suryakencana – GG. Aut.
  • Soto Pak Aming; lokasi Jl. Roda – Ujung dekat Alfa Mart
  • Soto Pak Haji Endih; Lokasi Jl. Siliwangi – dekat Gereja Kristus
  • Kedai Aneka Soto; Jl. Siliwangi – dekat Gereja Kristus.
  • Soto Pak Maman; Jl. Ranggagading – Kampus AMK Bogor.
  • Soto Kaki Pak Uci; Jl. Pengadilan dekat Gedung TELKOM dan 1 cabang di dekat Plaza Jambu Dua.

Untuk Siang/Sore:

  • Soto Pak Yusuf; lokai di depan Toko Farovite Jl. Suryakencana – GG. Aut.
  • Soto Pak Dayat; lokasi perempatan GG. Aut tepat di depan Indomart.
  • Soto Pak Salam; yang ini merupakan Pioneer Soto Bogor yang sudah ada sejak lama, dijamin pasti ketagihan makan disini; lokasi Jl. Siliwangi dekat Dunkin’ Donuts.
  • Soto Pak Wahyu; lokasi di belokan Jl. Roda dekat Alfa Mart.