Banyaknya Tempat Wisata Baru, Pengunjung GSE Turun Drastis

by

Lebih dari 3000 pengunjung mendatangi kawasan wisata Gunung Salak Endah (GSE) di Kecamatan Pamijahan, kemarin. Namun, jumlah itu ternyata menurun dibandingkan tahun lalu yang bisa mencapai puluhan ribu.

Koordinator Tiket Masuk GSE, Muhammad Darul Dinar mengatakan, data yang dilansir per tanggal 1 Januari, pengunjung masuk justru menurun dengan tahun lalu.

“Menurun sekali, dari Jumat sampai sekarang itu jumlah pengunjung yang masuk berbeda jauh dengan tahun lalu,” ujarnya kepada Radar Bogor, Minggu (03/01/2016).

Dia memprediksi menurunnya jumlah pengunjung akibat menjamurnya tempat-tempat wisata baru di Bogor.

“Mungkin di Bogor ini banyak tempat rekreasi lainnya,” tuturnya.

Salah satunya objek wisata di akses masuk GSE, yaitu Tirta Endah. Pengelola GSE berdalih, posisi Tirta Endah justru mempersempit ruang masuk bagi pengunjung yang akan berlibur di Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) itu.

“Mengapa terhambat, kurangnya tempat parkir yang disediakan Tirta Endah sehingga para pengunjung di sana parkir di pinggir jalan. Itu menghambat masuknya pengunjung ke kawasan GSE. Kami tidak menyalahkan, hanya mungkin harus dikelola dengan baik lagi,” terangnya.

Soal kerugian, pihak pengelola tidak terlalu ambil pusing. “Kalau kerugian mungkin tidak ada, karena kami menyumbang untuk negara. Tapi, disayangkan pengunjung yang biasanya ramai sekarang malah berkurang,” tandasnya. (radarbogor)