Imigran Gelap Asal Tiongkok Bangun Usaha Peternakan di Bogor

by
Petugas memeriksa para imigran ilegal asal Tiongkok (radarbogor.id)

Empat pria asal Tiongkok diangkut ke kantor Imigrasi Bogor. Keberadaan orang asing ini berdasarkan informasi yang di dapat dan kepolisian.

Operasi dimulai pu­kul 09.00 dengan me­meriksa sejumlah kampung (10/10/2017). Alhasil, Lin Kong Wang (36), Lin Jin Chun (36), Lin Yu Tan (36), dan Lin Shu Long (42) digiring untuk dimintai keterangan.

“Kami mendatangi ke sana, memang ada empat orang di sana. Setelah diperiksa ternyata hanya satu yang mempunyai dokumentasi. Kami berkoordinasi dengan pihak Imigrasi Bogor dan langsung di bawa kesana,” kata Kapolsek Leuwiliang Kompol I Nyoman Supartha

Bogor memang jadi surga pengadu nasib orang asing. Beberapa bulan lalu juga ada empat petani tiongkok di Gunung Leutik, Kecamatan Sukamakmur ditangkap. Dia bertani cabai dan membawa bibitnya secara ilegal.

Di Kecamatan Cigudeng satu kampung di obrak abrik pihak Imigrasi. Dalam operasi tersebut berhasil menangkap 18 dari 48 WNA asal Tiongkok di sebuah pertambangan. Kades Sibanteng Supriatna meminta siapapun yang ingin berusaha harus memiliki kejelasan berkas, termasuk warga asing.

“Waktu kami datang ke lokasi, tiga orang tidak bisa bahasa Indonesia, itu kesulitannya,” ujar dia. Lebih lanjut ia mengatakan, belum ada pengajuan izin kepada pihaknya.

(radarbogor.id)