Gempa Bumi Terjadi di Sukabumi Jawa Barat dan Berpotensi Tsunami

oleh

Gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Sukabumi Jawa Barat pada Jumat (15/12/2017). Gempa sendiri terjadi sekira pukul 23.47, pada Jumat (15/12/2017).

Akibat dari gempa tersebut, warga di Jakarta yang berada di gedung perkantoran dilantai atas langsung berhamburan melalui tangga darurat. Dari informasi yang di himpun, gempa sendiri berpusat di LS,108.04 BT atau di laut 43 KM Barat Daya.

“Peringatan Dini Tsunami di JABAR,DIY,JATENG, Gempa Mag:7.3SR, 15-Dec-17 23:47:57WIB, Lok:8.03LS,108.04BT,” dilansir di laman BMKG, Jumat 15 Desember 2017.

Kepala BMKG wilayah II Tangerang Selatan, Joko Siswanto mengatakan, peta tingkat guncangan shakemap) BMKG menunjukkan bahwa dampak gempabumi berupa guncangan dirasakan di Wilayah Sukabumi hingga DKI Jakarta.

“Berdasarkan laporan masyarakat gempabumi dirasakan di daerah Jampang dan Surade I SIG-BMKG (I-II MMI), Namun demikian hingga saat ini belum ada laporan adanya kerusakan,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (15/12/2017).

Ia menjelaskan, ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempabumi ini merupakan gempabumi kedalaman dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempeng Eurasia yang mengakibatkan deformasi batuan.

“Hasil monitoring BMKG hingga saat ini menunjukkan belum terjadi gempabumi susulan. Untuk itu kepada masyarakat di daerah wilayah Sukabumi Jawa Barat dan sekitarnya dihimbau agar tetap tenang,” pungkasnya.

(okezone.com)