TRUK PENGANGKUT SAMPAH MILIK PEMKAB BOGOR MOGOK KERJA

oleh

Alat berat di TPA Galuga mengalami kerusakan hampir satu minggu ini. Dengan tidak beroperasiannya alat berat tersebut akan berdampak terhadap lingkungan, karena tumpukan sampah jadi menggunung. Selain bau menyengat, sampah tersebut juga akan berserakan di mana-mana sehingga terlihat menjijikan.
Salah seorang warga Nanang Hidayat mengatakan, truk-truk sampah yang notabenenya dari wilayah Kabupaten Bogor mogok operasi, karena alat berat yang disewa dari Dinas Lingkungan Hidup mengalami kerusakan.
“Truk dari pengangkut sampah dari Kabupaten Bogor mogok kerja, yang buang hanya truk-truk dari Kota Bogor saja,” ujar Koordinator Forum Silaturrahmi Warga Sekitar TPA Galuga itu.
Ketua PK KNPI Cibungbulang Azwar Anas saat di minta komentarnya, mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor sudah seharusnya memiliki alat berat untuk di TPA Galuga. Karena selama ini alat berat di TPA Galuga terus mengalami kerusakan.
“Alat berat rusak terus di TPA Galuga, secara jelas anggutan sampah menumpuk, hingga bertebaran di mana-mana. Apa lagi saat musim hujan ini tentunya sangat menjijikan,” ujarnya.
Azwar juga meminta, agar Pemkab Bogor segara berupaya untuk menangani sampah di TPA Galuga. Jangan sampai terlalu lama untuk pengadaan alat berat, karena TPA Galuga bukan hanya sampah dari Kabupaten Bogor saja dari Kota Bogor.
“Saya rasa harus ada titik temunya antara Pemkab dan Pemkot, karna itu sampah yang buang ke TPA kan dari dua wilayah. Kasian warga kalau tidak di tangani secara langsung, dampaknya,” ujar Azwar.
Sekretaris Desa (Sekdes) Cijujung Safei Santana mengatakan, lokasi TPA Galuga itu berada sebagian wilayah Desa Cijujung. Keberadaan alat berat yang sudah seminggu rusak tentunya akan berdampak buruk bagi warga Cijujung, selain bau menyengat, air limbah pun terceceran dimana-mana.
“Apalagi saat ini sudah seminggu infonya alat berat tidak beroperasi, karna Desa Cijujung berada di dataran bawah dari TPA Galuga. Hingga yang pertama menjadi dampaknya dari limbah tersebut,” ujarnya.
Di tempat yang berbeda Sekretaris DLH Budi Lukman saat di konfirmasi terkait masalah itu tidak berkomentar.
MOGOK : Truk -truk pengangkut sampah milik Pemerintah Kabupaten Bogor mogok beroperasi. Hal itu lantaran truk tidak bisa membuang sampah ke TPA Galuga lantaran alat berat rusak.

(Metropolitan.id)