Drainase Situ Lebakwangi Rusak Parah

oleh

WAJAR bila direktur Bidang Sumber Daya Lahan Kawasan dan Mitigasi Bencana Badan Pengkajian ,dan Penerapan Teknologi (BPPT) menilai tiga situ di Kabupaten Bogor berpotensi bencana. Sebab, kondisi situ tersebut memprihatinkan. Salah satunya di Situ Lebakwangi di Desa Pamagersari RT 02/01 Kecamatan Parung. Kondisi situ di pinggir Jalan Raya Parung Bogor tak terawat. Drainase pembuangan air dari situ itu pun tertimbun. Bahkan, di sepanjang drainase sudah berdiri bangunan permanen. “Kepada pihak terkait, kami meminta pembenahan situ. Soalnya bila air meluap bisa saja kasus Situ Gintung terjadi,” ujar tokoh masyarakat Parung Acep Sopian, kemarin.

Situ Lebakwangi hampir sama dengan Situ Gintung, yakni situ yang berada di atas pemukiman penduduk. Bahkan, di bawah situ terdapat perumahan Griya Brandweer yang terletak di Desa Waru Kecamatan Parung.”Meskipun situ ini hanya menampung air dari mata air, bila hujan terus mengguyur bisa saja me­luap,” tambahnya. Situ yang terletak di pinggir Jalan Raya Parung-Bogor itu bentuknya memanjang. Di sisi jalan raya banyak berdiri bangunan. Di antaranya rumah makan, SPBU, dan ruko.

Di sisi bagian utara ada bendungan dengan panjang sekitar 100 meter. Sedangkan di ujung jalan ada rumah warga yang menempel dengan situ. Di sisi lainnya hanya semak belukar. Ketebalan bendungan itu se­kitar tiga meter, sehingga di atas bendungan bisa dilalui kendaraan roda empat. Di sebelah utara,tepatnya di bawah dam atau bendungan, terdapat sawah dan kolam pemancingan dengan ketinggian lima sampai enam meter. Jarak dari bendungan Situ Lebak­wangi ke pemukiman warga yakni Perumahan Griya Brandweer di Desa Waru Kecamatan Parung sekitar 500 meter. Air Situ Lebak­wangi itu tenang. Warga juga memanfaatkannya sebagai pembudidaya ikan yakni dengan memasang jaring terapung.

Situ Lebakwangi itu hanya menampung air dari beberapa sumber mata air. Tak menampung air dari sungai seperti di beberapa lain­nya. Volume airnya pun stabil. Namun bila hujan deras, bukan tak .mungkin air situ meluap. Sementara sungai pembuangan situ itu tak terawat. Beberapa bagian sungai tertimbun tanah. Bahkan, di pemukiman penduduk sudah berdiri bangunan. (sal)