Nikmatnya Minum Secangkir Kopi

oleh

Minuman kopi merupakan salah satu minuman yang paling banyak memiliki penggemar. Perdagangan kopi mencapai nilai tertinggi kedua di dunia setelah komoditas minyak bumi. Angka yang sangat tinggi untuk sebuah produk makanan dan minuman. Bagaimana asal usul kopi? Lalu berbahayakah minum kopi?

Kopi pada awalnya berasal dari dataran tinggi di Ethiopia. Kemudian dikembangkan di Semenanjung Arab. Setelah itu oleh Bangsa Belanda, mulai ditanam di tanah Jawa. Setelah itu, kopi menjadi komoditas yang cukup laku diperdagangkan di seluruh dunia.

Jenis Kopi

Di seluruh dunia, meski terdapat banyak spesies pohon kopi, hanya 2 jenis saja yang diolah menjadi 98 persen produk kopi yang diperdagangkan. Yang pertama adalah kopi arabika dan yang kedua adalah kopi robusta. Kandungan kafein pada kopi robusta lebih tinggi daripada kopi arabika. Kopi arabika menguasai dua per tiga perdagangan kopi seluruh dunia. Sisanya dikuasai kopi robusta.

Bahaya Kafein

Dibalik kenikmatan secangkir kopi, ternyata kandungan kafein pada kopi bisa menyebabkan beberapa gangguan kesehatan. Kafein yang terkandung dalam kopi memiliki efek stimulan yang cukup berbahaya. Kafein dapat menyebabkan seseorang sulit tidur. Kafein juga menyebabkan seseorang sulit mengendalikan emosi serta sulit berkonsentrasi. Kafein juga diindikasikan bisa memicu kanker. Selain terdapat pada kopi, kafein juga terdapat pada teh dan coklat.

Selama beberapa tahun belakangan ini, para peneliti telah mempublikasikan hasil penelitian mereka mengenai akibat minum kopi. Namun kesimpulan yang dibuat para peneliti ini belum sampai ke kesimpulan yang meyakinkan. Mengapa? Karena biasanya para peneliti hanya meneliti bahaya dari kafein, salah satu dari 500 kandungan kimia alami dalam secangkir kopi. Jadi sebenarnya penelitian terhadap kopi memang masih belum final dan masih jauh lebih kompleks.

( kumpulan informasi.wordpress.com)