Rumah Pintar Hadir di Stasiun KA Tanjung Priok

oleh

JAKARTA – Untuk pertama kalinya stasiun kereta api terdapat rumah pintar, tempat khusus bagi anak-anak usia 5-9 tahun menambah wawasan.  Rumah  pintar tersebut hadir KA Tanjung Priok, Jakarta Utara untuk membimbing anak-anak yang kurang mampu di sekitar stasiun.

Rencananya rumah pintar yang dikelola oleh ibu dharma wanita Dirjen Perkretapian itu akan diresmikan oleh Ibu Negara Ani Bambang Yudhoyono pada 28 April mendatang. Terdapat lima kegiatan di tempat itu, seperti sentra buku, perpustakaan, permainan, komputer, sentra audio visual, dan sentra kriya (kerajinan tangan).

“Semuanya peralatan disponsori oleh   Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB),” ungkap ketua pengurus rumah pintar Tunjung, di Stasiun Tanjung Priok, Rabu 22 April.

Rumah pintar ini memanfaatkan ruangan seluas 156 meter persegi di sebelah selatan stasiun.

Saat ini sudah ada 25 anak-anak yang mendaftar sebagai anggota rumah pintar. Mereka nantinya akan ditemani oleh tiga orang tutor yang akan membingbing mereka.

Rumah pintar ini akan dibuka mulai pukul 09.00 WIB hingga 16.00 WIB. Setiap tiga bulan sekali akan dibuat laporan tentang perkembangan anak-anak itu.

Rumah pintar, dikatakan oleh Tunjung, bertujuan untuk menambah wawasan bagi anak-anak di sekitar stasiun yang kurang mampu. Mereka akan dipacu dengan untuk belajar sambil bermain oleh tutor yang menerti dan menyukai anak-anak.

Direktur Teknik dan Prasarana Departemen Perhubungan Dirjen Perkretaapian Hermanto Dwiatmoko mengatakan proyek ini dalam rangka pengoperasian kembali stasiun kereta api Tanjung Priok.

“Sekaligus sebagai proyek prototype bagi stasiun kereta api lainnya,” ungkapnya. (Isfari Hikmat/Koran SI/nov)

dari. okezone.com