TEMPAT WISATA CURUG LUHUR

oleh -di lihat 114 kali
curug-luhurKurang lebih 1 – 2km ke arah Timur dari Curug Nangka terdapat satu buah air terjun yang cukup terkenal di wilayah Kab. Bogor dengan nama Curug Luhur. Lokasi Curug Luhur ini terletak persis disamping jalan raya kawasan Bogor – Gunung Salak Endah, sehingga untuk bertandang kelokasi ini, bisa menggunakan angkutan umum dan mungkin hal ini pulalah yang menyebabkan Curug Luhur cenderung ramai dikunjungi wisatawan.
Perjalanan dari areal parkir menuju lokasi curug sangatlah mudah dan telah dibuatkan dalam bentuk undakan semen yang menurun hingga ke lokasi. Praktis banyak wisatawan dalam berbagai usia mendatangi curug ini, mengingat tidak diperlukan stamina yang cukup besar untuk mencapai lokasi wisata. Berbagai bangunan nampaknya sedang dibangun guna mendukung sarana dan prasarana, suatu hal yang menunjukkan tingkat kepedulian yang cukup tinggi dalam upaya pengembangan curug ini. Namun nampaknya areal perkemahan tidak tersedia disini, mengingat area terbuka dan datar yang ada sepertinya kurang cukup luas.
Mendekati lokasi utama Curug Luhur terdapat sederet limpahan air yang mengalir secara deras pada dinding tanah dengan ketinggian kurang lebih 2 meter. Limpahan air ini mirip air terjun mini yang bisa digunakan pengunjung untuk membasuh tangan atau kaki sambil menikmati kesegaran air khas pegunungan. Air terjun mini tersebut ditampung pada sebuah parit kecil yang akhirnya akan menyatu dengan limpahan air Curug Luhur pada sungai yang ada di bagian tengah bawah area.
Curug Luhur, seperti halnya Curug Nangka memiliki dua buah air terjun utama, bedanya bila di Curug Nangka letaknya terpisah, sedangkan di Curug Luhur letaknya sejajar. Air yang melimpah di Curug Luhur ini pun cukup deras, meskipun musim kemarau belum berakhir saat penulis mengunjungi lokasi wisata ini. Konon, sebenarnya cuman ada satu air terjun di kawasan ini, namun penduduk setempat membuat cabang baru pada aliran sungai dan membelokkannya sehingga tercipta air terjun baru. Dikarenakan letak air terjun yang baru itu sedikit lebih tinggi, maka air yang mengalirpun tidaklah sederas air terjun utama, namun demikian telah mampu memberikan panorama tambahan yang menarik pada objek wisata ini.
Bila ingin menimati curug namun enggan diterpa sinar matahari, disekitar curug juga terdapat tempat-tempat berteduh . Umumnya tempat-tempat semacam ini didominasi oleh pasangan muda-mudi yang sedang dilanda asmara untuk berbagai cerita dan janji
Terkadang tak jarang pula para pengunjung menceburkan diri ke kolam yang cukup besar yang terletak dibawah curug tersebut untuk sekedar berendam membasahi tubuh atau berenang-renang kecil antar tepian kolam. Dilokasi ini banyak terdapat kolam buatan yang airnya sengaja dibuat melimpah ruah, sehingga bunyi derasnya aliran air yang mengalir dan akhirnya menyatu kesebuah sungai sangatlah dominan mewarnai objek wisata Curug Luhur.

4 thoughts on “TEMPAT WISATA CURUG LUHUR

  1. Curug luhur mahal banget, sekarang bukan punya orang Indonesia lagi tuh. Mendingan tempat wisata yang lain disekitar situ, banyak lagi.

  2. Hеy theгe! Ѕomeone in my Fаceboοk group
    shared this website with us sо I camе tο lοok
    it оvеr. I’m definitely loving the information. I’m bookmaгking and will be tweeting this to my followers!

    Gгeat blοg and brilliant dеsign.

  3. KEPALA DESA CIKUDA KECAMATAN PARUNG PANJANG SELINGKUH DENGAN ISTRI ORANG

    Kades Cikuda yang bernama Haetami menjelang bulan Ramadhan dipergoki tengah berbuat mesum dengan istri cecep warga desa Dago Kecamatan Parungpanjang.
    menurut kabar yang beredar hubungan asmara kades Haetami dengan selingkuhannya telah berlangsung dari tahun 2008. Kasus ini tidak sampai berlanjut keatas karena dari pihak suaminya menuntut uang Rp. 70 juta yang dibayar secara dicicil oleh Kades Haetami.
    Kasus ini telah mencoreng citra Masyarakat Cikuda yang Religius, apalagi adik kades Haetami dikenal dimasyarakatnya seorang Kiai yang memiliki Ponpes.
    Untuk itu Jajaran Pemerintahan kabupaten Bogor agar tidak tinggal diam terhadap aparatnya yang tidak bermoral ini.

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.