Istana Bogor Diserbu Murid SD

oleh

HARI kedua pelaksanaan Istana Open, Selasa (19/5), dimeriahkan ratusan murid SD yang datang dari berbagai wilayah di Bogor. Sedikitnya 500 anak dari berbagai SD menyerbu Istana Bogor untuk melihat dari dekat istana peninggalan Belanda tersebut.

Mereka dengan sabar menunggu giliran menuju ke Istana Bogor yang berjarak sekitar 500 meter dari lokasi pemberangkatan di halaman gedung DPRD Kota Bogor. Peserta Istana Open diberangkatkan berdasarkan kelompoknya masing-masing. Setiap kelompok berjumlah 300 orang.

”Ini untuk mengurangi kepadatan di dalam istana, makanya dibagi dalam beberapa kelompok,” kata Ade Syarif Hidayat, Kepala Dinas Periwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor, saat meninjau proses pemberangkatan peserta Istana Open, kemarin pagi.

Rudi (9), murid SD IV Cisarua mengaku gembira bisa melihat langsung Istana Bogor. Dia tidak terlihat lelah, meski harus menempuh perjalanan sekitar 20 kilometer dari sekolahnya yang berlokasi di Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. ”Saya belum pernah masuk ke Istana Bogor, makanya saya senang ada kegiatan ini,” kata Rudi saat ditemui sedang menunggu giliran diberangkatkan ke Istana Bogor.

Menurut Ade Syarif, Istana Open yang sudah memasuki tahun ke-6 ini diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Jadi Bogor (HJB) ke-527. Ada yang berbeda dalam Istana Open kali ini, yakni setiap peserta bisa langsung berekreasi di Kebun Raya Bogor usai melihat Istana Bogor. ”Habis melihat Istana Bogor, bisa langsung jalan-jalan di Kebun Raya Bogor,” ujar Ade Syarif.

Hingga saat ini, sudah hampir 23.000 orang yang mendaftar. Karena jumlahnya yang banyak, pihaknya sudah menutup pendaftaran bagi warga yang ingin melihat Istana Bogor. ”Kita batasi karena pelaksanaannya hanya tujuh hari, yakni tanggal 18, 19, 20, 25, 26, 27, dan 28 Mei 2009,” katanya.

Pantauan Warta Kota, sejak pukul 08.00 halaman gedung DPRD Kota Bogor sudah dipadati peserta Istana Open. Sebagian besar peserta adalah murid SD dan SMP yang datang dari berbagai wilayah Bogor. SD Tugu Selatan bahkan sampai mengerahkan 700 muridnya untuk mengikuti kegiatan Istana Open ini. (Soewidia Henaldi)

(warta kota)