Keluarga Sangat Miskin Turun

oleh

TENJOLAYA – Program Keluarga Harapan (PKH) untuk membantu rumah tangga sangat miskin (RTSM) di Kecamatan Tenjolaya membuahkan hasil. Buktinya, pada 2007 jumlah RTSM sebanyak 1.071 turun hingga 983 RTSM.

Camat Tenjolaya Abdullah Sjirodz mengatakan, pemberian bantuan tersebut bagi keluarga yang memiliki balita, ibu hamil dan anak usia SD hingga SMP. “Meski tidak signifikan, penerima bantuan PKH menurun,” katanya kepada Radar Bogor, kemarin.

Setiap RTSM mendapat bantuan dana Rp600.000 hingga Rp2,2 juta per tahun. Dana itu disalurkan atas nama ibu melalui kantor pos terdekat. Bantuan yang diberikan berupa uang tunai. Tujuannya agar keluarga miskin yang memiliki balita, anak usia SD atau SMP dan ibu hamil dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Sjirodz menjelaskan, kecamatan seluas 2.671 hektare dengan jumlah penduduk 54.000 ini kaya akan hasil alam dan objek wisata, sehingga angka penerima PKH mengalami penurunan.

Sedangkan salah satu warga Desa Tapos Ai (38) mengaku sangat terbantu dengan program PKH. “Ya, PKH bisa meringankan beban dan kebutuhan hidup sehari-hari,” kata ibu dua orang anak itu. (luc/pkl31) sumber:radar bogor