Gempa di Bogor Merusak Ratusan Rumah

oleh -di lihat 50 kali

Ratusan rumah warga di dua desa di Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor rusak akibat gempa berkekuatan 4,8 Skala Richter yang mengguncang Bogor dan Sukabumi, Minggu (9/9) dini hari sekitar pukul 01.27 WIB.

Pusat gempa diprediksi berada di wilayah Bogor, yakni di koordinat 6.80 LS, 106.7 BT sekitar 31 kilometer barat daya Kabupaten Bogor dengan kedalaman 10 kilometer.

Data pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor menyebutkan ada sebanyak 185 rumah rusak di Desa Cibunian.

Dua belas di antaranya mengalami kerusakan parah. Sementara, di Desa Purwabakti ada sebanyak 65 rumah dan sebuah bangunan SD yang rusak.

“Itu baru data sementara yang kami dapatkan dari masing-masing kades. Sampai saat ini pendataan kerusakan masih dilakukan sehingga jumlah kerusakan bisa saja bertambah,” ujar Kepala Seksi Logistik, BPBD Kabupaten Bogor, Budi Aksomo di lokasi kejadian.

Dia memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun, ada beberapa warga yang mengalami luka ringan karena tertimpa tembok atau kayu saat berusaha keluar dari rumah untuk menyelamatkan diri.

Terkait kondisi ini, pihaknya sudah menurunkan tim untuk proses evakuasi dan tanggap darurat gempa.

“Bantuan logistik, baik makanan, selimut, pakaian, peralatan mandi dan lain sebagainya sedang dalam perjalanan untuk tujuh hari ke depan,” ujarnya.

Selain itu, selama masa tanggap darurat, pihaknya akan berkantor di lokasi gempa. Pihaknya mengimbau agar warga tidak tinggal di rumah mereka yang rusak untuk keamanan.

Sementara itu, salah seorang korban gempa, Empat (40) mengatakan gempa terjadi begitu cepat, tetapi dengan kekuatan yang besar.

“Paling cuma hitungan detik. Namun, keras banget guncangannya. Seketika itu juga almari, tembok, kaca, pintu semuanya langsung roboh,” ujar Empat.
sumber:pikrian-rakyat.com

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.