Blok G Tanah Abang Bakal Dibangun Jadi Pasar Moderen

oleh -di lihat 102 kali

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama berencana membongkar Pasar Blok G Tanah Abang. Pusat perbelanjaan tersebut nantinya akan diubah menjadi pasar modern.

Pria yang akrab disapa Ahok ini menyadari bahwa dari sisi lokasi dan penjualan, Pasar Blok G Tanah Abang yang saat Jokowi menjabat Gubernur DKI digadang sebagai pusat perbelanjaan strategis ini tidaklah menguntungkan.

Melalui revitalisasi ini nantinya diharapkan akan mampu menjadikan Pasar Blok G Tanah Abang lebih diminati pedagang maupun warga untuk berkunjung. “Kita sambungin ke Blok A dan Blok B saja biar seolah-olah kami manfaatkan lakunya orang-orang di sana,” kata Basuki di Balaikota, Rabu (1/4).

Adapun dalam pembangunannya mantan Bupati Belitung Timur ini menegaskan tidak menggunakan Anggaran Pendapata Belanja Daerah (APBD) DKI. Melainkan dengan menggandeng swasta yang berminat mengembang usahanya di tempat ini.

“Kita akan buka tender kepada swasta. Pemenang akan memiliki hak pengelolaan pasar selama beberapa tahun. Namun, sesuai kesepakatan, hak kepemilikan gedung dan pengelolaan pasar nantinya akan dikembalikan sepenuhnya kepada Pemprov DKI,” tukasnya.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat mendukung rencana atasannya tersebut. Pasalnya berdasarkan kenyataan di lapangan, berbagai upaya baik perbaikan maupun promosi yang dilakukan tidak menjadikan pasar tersebut diminati. Bukan hanya sepi pembeli, pedagangpun akhirnya ogah menjalankan usahanya di tempat tersebut. “Ya kata Pak Basuki begitu. Tanya ke Pak gubernur. Tapi kalau memang kajiannya beliau sudah menyeluruh ya monggo, silakan‎,” kata Djarot.

Seperti diketahui sebelumnya, saat Jokowi masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Pasar Blok G Tanah Abang dijadikan tempat relokasi pedagang Kaki-5 yang selama ini kerap membuat kawasan Tanah Abang semrawut. Berbagai perbaikan sarana dilakukan.

Mulai dari kios maupun sarana penunjang lainnya. Tidak hanya itu, promosipun dilakukan dengan memberikan hadiah satu unit mobil kepada pengunjung yang beruntung. Namun tetap tidak menjadikan Pasar Blok G Tanah Abang diminati pengunjung.

(Poskota)

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.