Ini Dua Sekolah Kota Bogor yang Dapat Penghargaan Presiden Jokowi

oleh

sekolahSD Negeri Lawang Gintung 2 dan SMPN 6 Kota Bogor berhasil meraih penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata Nasional di Hari Lingkungan Hidup se-Dunia 2015, sekaligus berkesempatan menerima secara langsung dari Presiden RI Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (05/06/15).

Penghargaan Adiwiyata Mandiri ini diterima langsung Kepala Sekolah SD Negeri Lawang Gintung 2 Herlina, dan Kepala Sekolah Negeri SMPN 6 Ajeng Sri Sugiarti.

Atas penghargaan tersebut, Wali Kota Bogor Bima Arya menyampaikan rasa syukurnya atas prestasi yang telah diraih kedua sekolah tersebut. Bima juga berharap penghargaan ini bisa menjadi tambahin motivasi untuk terus meningkatkan mutu pendidikan sekolah.

”Ini adalah salahsatu kado istimewa Hari Jadi Bogor (HJB) tahun ini. Dan mudah-mudahan bisa memompa semangat seluruh lapisan masyarakat Kota Bogor untuk lebih peduli terhadap lingkungan,” papar Bima.

Sementara itu, Kepala Sekolah SD Negeri Lawang Gintung Herlina mengungkapkan, bahwa diraihnya Adiwiyata Mandiri tersebut sebagai buah dari pembelajaran yang berbasis lingkungan penghijauan di sekolah yang ia pimpin.

”Kami sangat bersyukur dengan prestasi ini. Salahsatu yang kami lakukan adalah sampah dikelola atau didaur ulang. Sampah yang mudah didaur ulang akan dijadikan pupuk, dan sampah yang tidak dapat dikelola akan didaur ulang untuk hasilnya dijual. Hasil penjualannya akan digunakan lagi untuk kegiatan-kegiatan lingkungan,” jelas Herlina.

Sementara, Kepala Sekolah SMPN 6 Sugiarti menuturkan, diraihnya predikat sekolah Adiwiyata Mandiri itu dirasakan seluruh keluarga besar SMPN 6 Kota Bogor, dan pihaknya menyambut dengan penuh antusias atas penghargaan itu.

”Alhamdulillah, selama ini kami terus secara konsisten mengajak para siswa untuk membiasakan membuang sampah pada tempatnya, menanam, dan memelihara tanaman sendiri, membuat lubang resapan biopori, membuat kompos, dan mengumpulkan minyak jelantah,” paparnya.

(Heibogor)