Singapura Tawarkan Bantuan Padamkan Api di Riau

oleh

Singapura menawarkan bantuan untuk memadamkan api yang melalap hutan di Riau setelah kepulan asap mulai sampai ke wilayahnya dan Malaysia.

Dilaporkan Channel NewsAsia, Kementerian Pertahanan Singapura pada Kamis (10/9) mengumumkan bahwa Menteri Pertahanan Singapura, Ng Eng Hen, telah menghubungi Menteri Pertahanan Indonesia, Ryamizard Ryacudu, untuk menawarkan kembali bala bantuan.

“Kementerian Pertahanan (MINDEF) dan Angkatan Bersenjata Singapura (SAF) sudah menyiagakan pesawat C-130 untuk operasi cloud seeding (modifikasi cuaca), satu helikopter Chinook dengan penampungan air untuk pemadaman api dari udara, dan hingga dua pesawat C-130 untuk mengangkut tim pasukan pemadam kebakaran dari Pasukan Pertahanan Sipil Singapura (SCDF),” tulis MINDEF dalam sebuah pernyataan.

Melalui pernyataan tersebut, MINDEF juga memastikan bahwa SAF siap bekerja sama dengan Tentara Negara Indonesia (TNI) untuk memadamkan api.

Kebakaran ini menyebabkan kualitas udara Singapura ke tingkat tidak sehat dengan Indeks Standar Polutan mencapai 100 dalam 24 jam.

Pemerintah Indonesia juga sudah mengirimkan seribu tentara ke lokasi kebakaran pada Kamis (10/9). Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Willem Rampangilei, mengatakan bahwa api akan padam dalam kurun waktu dua pekan. (cnnindonesia.com)