JALAN KE RUMAH BUPATI BOGOR JADI LANGGANAN BANJIR

oleh

Hujan lebat yang mengguyur Kecamatan Ciomas selama dua jam, membuat jalur Perumahan Vila Ciomas Indah, Desa Ciomasrahayu, Kecamatan Ciomas, terendam banjir.
Salah seorang warga Pintu Ledeng Ciomas, Agus (35) mengatakan, banjir ini diakibatkan derasnya aliran air yang mengakibatkan pengendara motor harus mendorong kendaraannya lantaran mogok. “Airnya lumayan tinggi dan deras, jadi masuk knalpot saya,” ujar Agus kepada Metropolitan, kemarin.
Menurut dia, banjir di jalan ini sudah menjadi langganan saat musim hujan karena sistem drainasenya buruk. “Kalau habis hujan pasti banjir. Apalagi di Blok F, bisa sampai masuk ke dalam rumah kalau hujannya besar dan lama. Padahal rumah Bupati Bogor Nurhayanti di belakang blok itu,” ucapnya.
Hal senada dikatakan warga lainnya, Iwan. Ia mengaku, kendaraannya sering rusak karena terendam air saat melintasi jalur tersebut. Apalagi pesatnya pembangunan pertokoan dan perumahan, semakin memperparah banjir di kawasan Ciomas.
“Saluran airnya sudah tak berfungsi dengan benar. Ditambah banyak pembangunan, jadi sumber resapan semakin sedikit. Kalau dulu tidak sampai seperti ini banjirnya. Saya juga baru kali ini mogok di sini,” ungkapnya. Ia berharap, pemerintah dapat segera memperbaiki saluran air di wilayah Ciomas. “Harus cepat diperbaiki dong. Sudah mau musim hujan, masa harus banjir-banjiran terus,” tuturnya.
Hal senada diungkapkan warga perumahan, Rahmat. Ia mengaku terpaksa harus menerjang banjir lantaran hendak pergi salat ke masjid. “Mau nggak mau harus banjir-banjiran mas. Saya mau salat Magrib berjamaah,” katanya.
Sementara itu, Kepala Desa Ciomasrahayu, Jaya Rukmantara, membenarkan jika jalan tersebut telah lama menjadi langganan banjir. “Itu memang sering banjir. Bahkan sampai merendam salah seorang rumah warga,” singkatnya.

(Metropolitan.id)