Berikut Jadwal Sistem Buka – Tutup Arus Puncak

oleh

Memasuki akhir pekan, pihak kepolisian memberlakukan jadwal buka-tutup arus kendaraan menuju dan dari kawasan Puncak, Jawa Barat. Hal ini kerap dilakukan agar tidak menimbulkan penumpukkan volume kendaraan, terlebih ketika akhir pekan ini diprediksi menjadi awal puncak arus balik libur Tahun Baru 2016.

Sistem satu arah (one way) menuju Puncak hari ini akan dimulai pada pukul 09.00 WIB hingga 11.30 WIB. Dengan begitu, hanya kendaraan dari pintu keluar Tol Jagorawi yang diprioritaskan naik menuju Puncak.

“Lalu lintas kendaraan dari arah Puncak menuju ke bawah, yakni Jakarta dan Ciawi dialihkan,” tulis informasi TMC Polda Metro Jaya melalui situsnya, Sabtu (2/1/2016).

Selanjutnya, satu jalur menuju Jakarta akan dibuka pada pukul 15.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB. Sehingga, lalu lintas seluruh kendaraan yang akan menuju Puncak akan dialihkan.

“Pukul 15.00 – 17.00 WIB semua kendaraan satu jalur ke arah bawah atau arah Jakarta atau Ciawi,” terangnya.

Sementara itu, untuk hari Minggu kondisi satu arah juga mulai diberlakukan pada pukul 09.00 WIB hingga pukul 11.30 WIB. Hanya kendaraan menuju kawasan Puncak dari Jakarta yang diperbolehkan melintas selama rentan waktu tersebut.

Yang cukup berbeda, sistem satu arah dari kawasan Puncak menuju Jakarta di hari Minggu sedikit lebih panjang yaitu pukul 15.00 – 18.00 WIB.

“Hari Minggu pada pukul 15.00 – 18.00 WIB semua kendaraan satu jalur ke bawah atau arah Jakarta atau Ciawi. Artinya, lalu lintas kendaraan yang akan menuju Puncak dialihkan,” tutup informasi pihak Polda Metro Jaya. (detik.com)