4 Hari Lagi Pendaftaran SBMPTN Dibuka, Ini Biaya Pendaftarannya

oleh

Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan dimulai pada Senin 25 April 2016.

Ketua Panitia Lokasi (Panlok) SBMPTN, Yonny Koesmaryono mengatakan, pada hari Senin nanti, mulai pukul 08.00 WIB, pendaftaran SBMPTN ini sudah mulai bisa diakses.
“Pendaftaran akan ditutup pada tanggal 20 Mei 2016,” jelasnya di Kampus IPB Baranang Siang, Kamis (21/4/2016). Ia mengatakan, untuk tahun ini Panlok 33 memiliki lima sub panlok yakni Kota Bogor, Bekasi, Cianjur-Sukabumi, Cirebon dan Karawang.

“Untuk sub panlok Kota Bogor, test akan kita laksanakan di semuanya di Kota Bogor, tidak ada yang di Dramaga,” jelasnya. Untuk test sendiri kata dia, akan dilaksanakan pada tanggal 31 Mei, serentak di semua daerah.

“Perbedaannya dengan tahun kemarin, test kali ini ada yang berbasis komputer. Kalau tahun lalu semuanya berbasis kertas,” jelasnya. Untuk test berbasis komputer ini, kata dia, di Panlok 33 hanya dilakukan pada sub panlok Kota Bogor saja.

“Kuotanya juga hanya 80 orang pendaftar pertama, kalau sudah full berarti semuanya dialihkan ke kertas,” ujarnya. Ia memastikan, baik test berbasis komputer maupun berbasis kertas, keduanya tidak ada perbedaan soal.

“Semuanya sama, hanya cara pengisiannya saja yang berbeda. Kalau anaknya lebih nyaman dengan komputer, silahkan pilih yang berbasis komputer ini,” katanya.
Untuk biaya pendaftaran SBMPTN, ada perubahan dari tahun sebelumnya, yakni Rp 200.000 per calon mahasiswa. (bogor.tribunnews.com)