Dinkes Kembali Gelar Edukasi Pola Hidup Bersih Sehat

oleh

Tanamkan pentingnya pola hidup bersih sehat, Dinas Kesehatan Kota Bogor lakukan edukasi ke warga RW 10 Cemplang, Cilendek Barat. Acara yang berlangsung, Senin (22/8) di Mushola Al-Ikhlas wilayah setempat digelar dalam momen lomba posyandu tingkat Jawa Barat tahun 2016.

Ratna Yunita, Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat pada Dinkes menyampaikan, berdasar fakta di lapangan kecenderungan penyakit tidak menular semakin meningkat. Seperti diabetes, asma, jantung, ginjal, dan kanker. “Itu semua penyakit tidak menular yang biasanya berasal dari perilaku atau pola hidup, sehingga mempengaruhi kesehatan itu sendiri,” jelas Ratna.

Hal semacam ini yang menurut Ratna penting untuk diberikan pemahaman. “Perilaku hidup bersih sehat itu sederhana, tapi bisa mencegah untuk kita dari penyakit yang memerlukan biaya tinggi,” tegasnya.

Kegiatan edukasi ini dilaksanakan dalam rangka pemberian informasi kepada kader. “Kami inginkan semua lokasi terinformasikan hal-hal yang harus diketahui oleh masyarakat, namun berdasar prioritas dan anggaran, jadi kami memilih tempat-tempat yang akan menjadi lokasi lomba. Salah satunya adalah lomba posyandu untuk Cilendek Barat,” papar Ratna.

Ratna menjelaskan hal-hal yang harus diketahui kader tentu saja mengenai pengelolaan posyandu dan ditambah kegiatan penunjang. Misalnya isu-isu yang sedang berkembang saat ini di masyarakat seperti JKN, Jamkesda, dan isu-isu PHBS. (kotabogor.go.id)