Dibawa Roket SpaceX, Satelit Mata-mata AS Hancur Sebelum Sampai Orbit

oleh

Sebuah satelit mata-mata Amerika Serikat (AS) bernama Zuma dibawa meluncur ke luar angkasa oleh roket Falcon 9 buatan SpaceX. Namun, disebutkan satelit tersebut hancur sebelum sampai di orbit.

Dilansir dari Reuters, Rabu (10/1/2018), roket Falcon 9 meluncur pada hari Minggu (7/1) lalu. Otoritas AS menyebut pada Senin (8/1), satelit tersebut diduga benar-benar hilang tak terdeteksi lagi.

Satelit intelijen yang dibuat Northrop Grumman Corp gagal memisahkan diri dari roket Falcon 9 tahap kedua dan diperkirakan jatuh atau terjun ke laut. Northrop Grumman Corp pun dianggap bertanggung jawab kenapa memilih Falcon 9-nya Space X sebagai kendaraan Zuma.

Hilangnya satelit pertama kali dilaporkan Wall Street Journal. Saat ini investigasi sedang dilakukan. Sejauh ini tidak ada indikasi adanya sabotase atau gangguan lain saat peluncuran.

Juru bicara SpaceX James Gleeson tak mau berkomentar terkait dugaan hilang dan hancurnya Zuma. Namun dia menyebut selama ini roket Falcon 9 telah memberikan performa yang bagus.

SpaceX atau Space Exploration Technologies Corp yang dipimpin pengusaha Elon Musk meluncurkan satelit pertamanya untuk militer AS dengan roket Falcon 9 pada Mei 2017 lalu.

(Detik.com)