Pemkot Bogor Akan Uji Coba Parkir Elektronik Di Jalan Otista Hingga Suryakancana

oleh

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Dinas Perhubungan (Dishub) akan melakukan ujicoba parkir elektronik di 19 titik kawasan Jalan Suryakancana dan Otto Iskandardinata.

Uji coba parkir elektronik tersebut akan mulai dilakukan pada Juli hingga Desember 2018.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana pada Dishub, Dody Wahyudin mengatakan, pengadaan perangkat parkir elektronik sendiri akan dilaksanakan pada Juni 2018 dan dilanjutkan dengan pasangan perangkat tersebut.

“Untuk pengadaan perangkat parkir elektronik sendiri baru akan dilelangkan melalui e-catalog pada Juni 2018,” ucapnya saat dihubungi TribunnewsBogor.com, Jumat (19/1/2018).

Dikatakannya bahwa, pada bulan Februari 2018 nanti pihaknya akan mulai mensosialisasikan program parkir elektronik sekaligus pelatihan kepada juru parkir (jukir).

“Jadi seperti e-Toll, untuk itu juru parkir diberi pelatihan dulu, karena saat uji coba nanti hanya juru parkir yang memegang kartu parkir elektronik, pengendara hanya tinggal memberikan uang cash kepada juru parkir,” katanya.

Kedepannya, kata dia, Dishub akan menjalin kerja sama dengan pihak perbankan terkait pembayaran dan kartu parkir elektronik.

“Jadi nanti per kartu jukir diberikan saldo misalnya Rp 500 ribu, kemudian sore harinya akan dicek jumlah saldonya, kalau jumlah saldo yang berkurang mesti dibayar dan untuk sementara uang cash dipegang jukir,” jelasnya.

Sementara untuk tarif, pihaknya masih menunggu evaluasi Perda dari gubernur dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Kalau tarifnya progresif, misalnya, motor Rp3.000 satu jam pertama, satu jam berikutnya Rp1.000,” pungkasnya.

(TRIBUNNEWSBOOGR.COM)