Dua Akses Jalan Lumpuh Tertutup Longsor

oleh

Pasca hujan mengguyur wilayah Kabupaten Bogor semalaman, Minggu (4/2/18), mengakibatkan terjadi longsor di beberapa wilayah, sehingga membuat sejumlah jalan lumpuh akibat banjir serta longsor. Seperti yang terjadi di Desa Purwabakti Kecamatan Pamijahan dan Desa Malasari Kecamatan Nanggung. Akses jalan di Desa Malasari, Kecamatan Nanggung lumpuh akibat longsor yang menutupi jalan.
Sekretaris Desa Malasari, Sukandar mengatakan sejak pagi kemarin, dia mendapatkan laporan dua jalan tertutup akibat adanya longsor. Menurutnya di Desa Malasari banyak sejumlah titik longsor karena didominasi dengan bukit-bukit dan tebing-tebing hutan yang memang rawan sekali longsor, apalagi musim hujan.
“Berdasarkan informasi yang saya dapat, ada beberapa titik longsor menutupi Jalan Malasari menuju Kampung Nirmala dan Jalan Malasari menuju Nyungcung Prigi,” ujarnya.
Sukandar mengatakan, kedua jalan lumpuh karena ada beberapa titik longsor, dari data yang ia himpun baru ada empat titik longsor. satu titik terkena salah satu rumah warga. Kejadian tersebut tidak memakan korban. Rumah warga pun tidak ambruk terkena longsor.
“Rumah warga kondisinya tidak kenapa-kenapa. Korban pun tidak ada, beberapa warga dibantu oleh Babinsa bergotong royong membenahi tanah akibat longsor yang menutupi jalan. Sampai saat ini masih terus dibenahi agar jalan bisa digunakan kembali olah warga,” ujarnya.
Di tempat terpisah Kepala Unit Satuan Polisi Pamong Praja Kecamatan Pamijahan Iwan Darmawan mengungkapkan, di Kampung Purwabakti RT 01/01 Desa Purwasari Kecamatan Pamijahan Tempat Penahan Tebing (TPT) ambrol dan menimpa rumah atas nama Fahrudin (48), jumlah tanggungan keluarga 11 orang 3 KK.
“Luas rumah 12×7 m2. Tebingan tinggi 10 m, longsoran TPT menimpa bagian dapur rumah tersebut dengan luas 5×3 m2. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Penanganan evakuasi oleh aparat desa, Satpol PP, Babinsa dan warga setempat,” ujarnya.

(metropolitan.id)