IPB Siapkan Jalur Penerimaan Khusus Bagi Ketua OSIS

oleh

Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), Dr. Arif Satria menyatakan bahwa IPB memiliki komitmen besar dalam mencetak pemimpin-pemimpin bangsa.

“Komitmen ini akan IPB wujudkan melalui sejumlah langkah dan proses yang sistematis. Salah satu hal baru yang akan IPB lakukan pada tahun 2018 ini adalah membuka jalur baru seleksi masuk IPB. Yaitu jalur Ketua OSIS atau jalur talenta kepemimpinan,” ujar rektor di acara Sosialisasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Graha Widya Wisuda (GWW) Kampus IPB Dramaga, baru-baru ini.

Rektor mengatakan, ketika minat calon mahasiswa untuk belajar dalam bidang pertanian di berbagai perguruan tinggi semakin menurun. IPB kemudian membuka seleksi untuk mencari calon mahasiswa yang memiliki kecintaan pada bidang pertanian sekaligus memiliki bakat (talenta) kepemimpinan dan kewirausahaan melalui seleksi mandiri yang diberi nama Ujian Talenta Masuk IPB (UTMI), menerapkan seleksi melalui mekanisme talent mapping dan test potensi akademik.

Rektor menambahkan, kini di era demokrasi dan desentralisasi, ketika kualitas kepemimpinan di pusat dan daerah menjadi salah satu kebutuhan yang sangat mendesak. IPB mengembangkan salah satu skema seleksi calon mahasiswa baru jalur khusus bagi Ketua OSIS yang memenuhi syarat akademik sebagai mahasiswa IPB.

Skema ini adalah salah satu seleksi mandiri untuk mencari calon mahasiswa yang telah terbukti memiliki jiwa kepemimpinan sebagai Ketua OSIS selama di SMA. Sekaligus memiliki kemampuan akademik yang memadai untuk di didik di IPB menjadi calon pemimpin yang memiliki intelektualitas tinggi, dengan kata lain intelektual yang memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat.

“Diharapkan skema ini akan menghasilkan calon-calon pemimpin, baik pemimpin nasional, daerah, perusahaan maupun penggerak masyarakat yang memimpin dengan pendekatan scientific, yaitu menerapkan scientific based leadership,” pungkasnya.

(metropolitan)