Puting Beliung Kaki Gunung Salak, Danramil Ciawi Ungkap Penghambat Proses Evakuasi Korban Ratusan Rumah

oleh

Bencana puting beliung melanda selatan kawasan Kaki Gunung Salak, Bogor sekira pukul 16.00-18.00 WIB. Akibatnya, ratusan rumah di empat desa di Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor mengalamai kerusakan berat dan kerusakan ringan.

Petugas BPBD hingga Senin (26/02/2018) ini masih nampak sibuk mengevakuasi rumah korban yang tertimpa pohon di Desa Cileungsi, Desa Citapen, Desa Cibedug, dan Desa Bendungan.

Salah satu korban yang rumahnya tertimpa pohon, Burhanudin menyampaikan bahwa sebagian besar rumahnya roboh tertimpa pohon durian.

“Sebagian besar rumah saya roboh tertimpa pohon durian dengan diameter hampir satu meter dan tinggi 40 meter,” ungkapnya kepada wartawan, Senin (26/02/2018).

Sepanjang pantauan Pojokjabar.com di lapangan, sejumlah rumah lainnya terbawa angin puting beliung pada bagian atapnya.

Terpisah, petugas BPBD dan Koramil Ciawi berhasil menghimpun data sementara berupa 57 rumah rusak. Sebanyak 35 di antaranya rusak berat, ratusan lainnya rusak ringan.

“Hingga kini petugas BPBD, TNI, dan warga masih melakukan evakuasi terhadap rumah yang rusak akibat bencana ini. Banyak rumah yang tertimpa pohon, sementara alat evakuasi sedikit menghambat proses evakuasi,” ucap Danramil Ciawi Mayor INF IIM Abdul Muksit.

(POJOKJABAR.com)