Satu Rumah Warga Terkena Longsor Susulan

oleh

Akibat hujan yang melanda membuat satu rumah milik Ani (67) mengalami kerusakan bagian belakang atau dapur terbawa longsor. Kejadian tersebut berlangsung sekitar 13.00 WIB. Penyebab akibat curah hujan pada Minggu (4/2/18), yang cukup tinggi. Tidak ada korban jiwa pada peristiwa yang berlangsung di Kampung Carang Pulang RT 02/07 Desa Cikarawang Kecamatan Dramaga itu.
Camat Dramga Adi Heryana mengatakan, adanya rumah warga yang terkena longsor, mengakibatkan dapur rusak. Hal itu diperparah karena kondisi rumahnya yang sudah lama, sehingga kontruksi bangunannya pun sudah rentan ditambah lagi dengan terjadinya longsor.
“Satu rumah yang longsor itu, memang berada di pinggir tebing. Jadi untuk sementara penghuni rumahnya ngungsi ke rumah soudaranya,” ujar Adi saat ditemui di lokasi, kemarin.
Menurutnya, kemungkinan longsor itu akibat gempa beberapa pekan lalu. Namun saat gempa belum ada tanda-tanda retak, kemungkinan ketika saat hujan kemaren, baru terjadi longsor yang menimpa rumah warga.
“Untuk upayanya nanti desa akan menentukan. Apakah rumah itu layak dihuni atau tidak. Tapi menurut saya itu sudah tidak layak untuk dihuni jadi mengkhawatirkan,” ujarnya.
Masih kata Camat Dramaga, pihak desa nantinya akan membangun, jika itu tidak layak dihuni, dengan swadaya. Adi juga mengaku sudah menyarankan terhadap anak yang paling besar karena rumah ini sudah tidak layak dihuni.
“Setelah kejadian itu, saya juga melihat langsung kondisinya seperti apa. Nanti saya akan laporkan dinas terkait untuk ditindaklanjuti,” ujarnya.

(Metropolitan id)