Jembatan Penghubung Ciseeng dan Rumpin Diperbaiki, Warga Terpaksa Naik Rakit

oleh

Jembatan Gerendong di Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, mulai rapuh. Khawatir am­bruk, jembatan penghubung Keca­matan Ciseeng dan Rumpin itu pun mulai diperbaiki. Namun, warga yang biasa melintasi jembatan terpaksa menggu­nakan rakit untuk menyeberangi Sungai Ciliwung.

Informasi yang dihimpun, selama perbaikan, jembatan ditutup total dan warga harus memutar puluhan kilometer. Jika ingin ke Kecamatan Parung, warga harus memutar ke Gunungsindur. Sedangkan warga yang menuju Rancabungur sampai Kota Bogor juga harus berjalan memutar ke Leuwiliang.

Pengendara roda dua dan angkutan umum lebih memilih menggunakan getek (rakit) yang berada di bawah jembatan. Getek terbuat dari beberapa batang bambu yang diikat kuat membentuk perahu. Sekali naik, warga dan relawan mematok tarif Rp5.000 per orang. Sedangkan kendaraan roda dua Rp10 ribu.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Jalan dan Jembatan Wilayah Leuwiliang Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bogor, Asman Dila, mengatakan Jembatan Gerendong kini sedang diperbaiki. Namun, bukan perbaikan permanen, melainkan sementara

(RADAR BOGOR)