Pi Day, Apa Artinya dan Kenapa Jadi Google Doodle Hari Ini

oleh

Google Doodle hari ini hadirkan tampilan yang sungguh menggugah selera di laman utama pecarian perusahaan, Google.

Diawali 30 tahun lalu pada 1988 oleh fisikawan Larry Shaw, Pi Day selalu identik dirayakan dengan sepotong kue pai yang terlihat sangat lezat.

Lalu apa arti sebenarnya Pi Day atau Hari Pi, dan kenapa dirayakan pada hari ini? Pi Day merupakan hari perayaan untuk menghormati konstanta matematika, Pi–ditandai yang ditandai oleh huruf Yunani “π”.

Dikutip dari laman Google Doodle, Rabu (14/3/2018), Angka tersebut mewakili rasio antara lingkar lingkaran (perimeter) dengan diameternya (jarak dari sisi ke sisi yang melewati pusat).

Tak hanya itu, konstanta Pi memiliki peranan penting dari bebagai bidang yang berhubungan dengan matematika.

Pi Day dirayakan tepat pada hari ini untuk menghormati tiga digit pertama dari konstanta tak terhingga tersebut, yaitu 3.14.

Jadi, 14 Maret ditulis sebagai 3.14 (Maret = 3 dan hari – 14). Maka dari itu, 14 Maret adalah Hari Pi!

Cara Google Rayakan Pi Day

Seperti yang sudah kamu ketahui, Google acap kali mengubah-ubah logonya dalam rangka merayakan berbagai hari perayaan liburan, ulang tahun atau ulang tahun salah satu sosok ternama.

Untuk perayaan Pi Day kali ini, rakasasa pencarian itu meminta bantuan penemu Cronut, Dominique Ansell untuk membuat sebuah doodle epik untuk ulang tahun ke-30 konstanta Pi.

Tampilkan foto kue pai sebenarnya, koki pastry pemenang berbagai penghargaan tersebut menata berbagai macam kue yang tentunya akan membuat pecinta makanan, matematikawan, dan pengguna internet terkesima.

(Liputan6.com)