Waspada Jambret Di Pasar Kebonkembang

oleh

Seorang pria asal Lampung berinisial NJ (35), menjadi bulan-bulanan warga di sekitar Pasar Kebonkembang, Kelurahan Cibogor, Kecamatan Bogor Tengah. SN kepergok saat menjambret tas seorang perempuan dalam angkot, kemarin siang. Pelaku penjambretan sempat tak sadarkan diri. Puas melayangkan bogementah pada pelaku penjambretan, warga yang sebagian besar merupakan pedagang pasar, akhirnya menggelandang SN ke kantor Polsek Bogor Tengah, untuk diproses.

Kapolsek Bogor Tengah Kompol Syaifudin Gayo membenarkan kejadian tersebut. Menurutnya, pelaku tertangkap basah saat beraksi. Mengetahi sedang terjadi aksi kriminal, warga langsung bereaksi dengan cara meneriaki dan mengejar tersangka. Sempat terjadi kejar kejaran antara pelaku dengan warga. Pelaku yang terdiri dari dua orang itu, lari tunggang langgang ke arah Jl. Gedong Sawah. Beruntung salah seorang pelaku berhasil diringkus, meskipun seorang lainnya sukses meloloskan diri dari amuk masa.

“Kejadiannya di sekitar Jalan Pengadilan, Nah pas lagi aksi di angkot, ketahuan warga, lalu sempat dikejar sampai ke Jalan Gedongsawah. Tertangkap, akhirnya dikeroyok massa. NJ ini dari Lampung, sedangkan rekannya berhasil melarikan diri,” katanya kepada wartawan, kemarin.

Syaifudin menambahkan, wilayah pasar memang sangat rentan dan rawan terjadi tindak kejahatan, seperti pencopetan dan penjambretan. Sebab itu, keamanan di wilayah tersebut harus selalu dijaga. “Karena ketahuan, korban tidak kehilangan harta bendanya. Sudah pulang, sedangkan pelaku kini sudah diamankan di Polsek Bogor Tengah, kami juga sedang selidiki rekannya yang melarikan diri,”

Terpisah, Kepala Unit Pasar Kebonkembang Iwan Arief Budiman menjelaskan, petugasnya membawa pelaku ke kantor unit untuk menghindari amukan massa yang terlanjur geram, atas perbuatan pelaku penjambretan tersebut.

“Peristiwanya di sekitar jalan Pengadilan, setelah ditangkap dan sempat dikeroyok warga pasar, pelaku digelandang petugas pasar ke kantor unit. Setelah aman dari amukan massa, baru kami laporkan dan dibawa ke Polsek Bogor Tengah, untuk diproses sesuai hukum,” tandasnya.

Iwan pun menghimbau warga supaya selalu waspada terhadap potensi tindak kriminal di Pasar Kebonkembang. Mengingat pasar di Jalan Dewi Sartika tersebut selalu ramai dikunjungi warga untuk berbelanja. “Namanya juga pasar, warga harus hati-hati. Tidak hanya saat dipasar, tetapi juga ketika melintas di wilayah ini harus ekstra waspada. Kami juga tidak segan-segan menindak dan melaporkan ke polisi bila ada tindak kriminal,” tutupnya.

(metropolitan)