Talaga Saat bakal Jadi Destinasi Wisata Baru di Puncak

oleh

Kondisi Telaga Sa’at yang terletak di Kecamatan Cisarua, Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, kembali membaik setelah dilakukan normalisasi dan dipercantik menjadi destinasi wisata baru.

“Setelah normalisasi selesai, akan dilanjutkan dengan efektivitas kawasan Telaga Sa’at yang dilakukan Korem 061 bersama-sama BBWSCC dan Pemerintah Kabupaten Bogor,” kata Danrem 061/Suryakancana, Kolonel Inf Mohamad Hasan usai pengukuhan Relawan Bela Alam di Telaga Sa’at baru baru ini.

Pada Februari 2018, jajaran Korem 061/Suryakancana bersama 1.200 relawan gabungan dari anggota Polri, Satpol PP, unsur pemerintahan dan komunitas pencinta lingkungan melakukan aksi bersih-bersih di Telaga Sa’at. Telaga Sa’at yang merupakan kawasan hulu DAS Ciliwung mengalami kerusakan lingkungan. Terjadi sedimentasi atau pendangkalan akibat gulma. Dari enam hektare luasa kawasannya, 80 persen telah menjadi daratan.

Sejak Februari hingga April ini upaya normalisasi terus dilakukan jajaran Korem 061/Suryakancana bersama-sama masyasakat dan komunitas. Hingga kini kondisinya 70 persen sudah kembali digenangi air. “Upaya pengerukan masih terus dilakukan, sampai sekarang jalan air sudah terlihat semua. Telaga Sa’at bisa menampung lima juta kubik air,” kata Hasan.

Sebagai kawasan serapan dan titik nol Sungai Ciliwung, Telaga Sa’at akan dipercantik dengan ditambah titik-titik lokasi foto, seperti penambahan tugu titik nol Ciliwung, lintasan jalan kaki dan jelajah kebun teh. “Dalam waktu dekat ini kami akan paparkan kepada Bupati Bogor terkait penataan kawasan Telaga Sa’at,” kata Hasan.

(Metropolitan.id)