Pemerintah Desa Curugbitung Mengadakan Musrenbangdes

oleh -di lihat 560 kali
musrenbangdes curugbitung

BOBARONLINE – Serap aspirasi Masyarakat guna mempercepat pembangunan Infrastruktur. Pemerintah Desa Curugbitung, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, adakan musyawarah rencana pembangunan Desa ( Musrenbangdes ) yang bertempat di Aula Kantor Desa.

Kegiatan yang dihadiri oleh Kepala Desa, BPD, PKK, RT, RW, tokoh Masyarakat, unsur Pendidikan dan Muspika Kecamatan Nanggung. Guna menampung aspirasi atau pengajuan pembangunan ditingkat Wilayah, yang akan masuk pada RKPDes Tahun Anggaran 2022.

Kepala Desa Curugbitung, Engkos Kosasih mengatakan, bahwa Musrenbangdes kali ini untuk menindaklanjuti program yang sempat tertunda.

Program tertunda yang tidak dapat dilaksanakan pada tahun anggaran 2021 karena adanya wabah Covid-19. Dilanjutkan dan akan menjadi prioritas dalam RKPDes Tahun 2022. Begitu juga program-program yang sifatnya reguler otomatis masuk dalam RKPDes Tahun 2022.

Program atau usulan yang diajukan ke tingkat kabupaten ini lebih dikenal dengan istilah Daftar Usulan Rencana Kegiatan.

Program yang diusulkan adalah program yang tidak dapat didanai oleh APBDes karena bukan menjadi kewenangan desa melainkan kewenangan kabupaten.

Selanjutnya terpilih tiga orang untuk mengawal program ini dalam Musrenbang Tingkat Kecamatan dengan harapan program usulan tersebut dapat menjadi prioritas kabupaten dan dapat direalisasikan.” Tuturnya.

Kepala Desa Curugbitung Engkos kosasih pun berharap, sesuai amanat pemerintah bahwa pembangunan yang direncanakan dan dilaksanakan. Bukan selalu masalah pembangunan fisik, tetapi juga harus meliputi masalah pemberdayaan masyarakat.

Dimana sektor ini menjadi sangat krusial untuk diperhatikan dan diprioritaskan agar masyarakat sedikit demi sedikit.

Setahap demi setahap mampu memberdayakan dirinya sendiri untuk memenuhi kebutuhan primer (dasar) dan kebutuhan sekunder. Sehingga diharapkan tingkat kesejahteraan masyarakat akan semakin naik.

Semoga dengan dilaksanakannya musrenbang desa, pembangunan desa akan semakin terarah serta tepat sasaran demi terwujudnya desa maju, Indonesia maju.“ Pungkasnya.

(barometerbogor – rakanews)

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.